PEMASARAN BUKU

 


Resume ke 20

PEMASARAN BUKU

Narasumber              : Agus Subardana, S.E.,M.M

 Moderator                 : Helwiyah,S.Pd.,M.

Hari / Tanggal           : Rabu , 9 Agustus 2023

 

            Pada kelas malam ini, materi yang dibahas adalah tentang Pemasaran buku dengan narasumber Agus Subardana, S.E.,M. Menurut pemahaman saya ,setelah kita menyalurkan hobby menulis, alangkah lebih baiknya jika kita dapat menyebarluaskan hasil pemikiran atau imajinasi kepada masyarakat luas , apalagi jika tulisan kita  dapat brmanfaat untuk masyarakat tersebut. Maka untuk sampai ke masyarakat luas, kita butuh belajar mengenai strategi pemasaran buku yang efektif dan efisien.

            Strategi Pemasaran buku yang dijelaskan oleh Pak Agus, pengertiannya adalah rencana yang dirancang untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan buku kepada target audiens dengan tujuan meningkatkan penjualan dan visibilitas buku tersebut.

            Selanjutnya Pak Agus juga menyampaikan terobosan, diantaranya  memasarkan buku melalui online, dan pemasaran buku melalui komunitas. Pak Agus memaparkan  langkah-langkah yang dapat diikuti untuk memasarkan buku secara online, yaitu :

  1. Buat Platform online
  2. Optimalkan Website
  3. Jual melalui toko online
  4. Gunakan media sosial
  5. Blogging
  6. Email marketing
  7. Kolaborasi dan Review
  8. Penawaran Khusus
  9. Pengiklanan Online
  10. Ulasan dan Rekomendasi
  11. Ebook dan Audiobook
  12. Lacak dan Evaluasi

 

Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan, bahwa pemasaran buku melalui komunitas adalah strategi yang efektif dalam mempromosikan dan menjual buku kepada khalayak yang lebih terkait dan berminat.

Seperti biasa di akhir materi kelas diisi dengan tanya jawab antara narasumber dengan peserta. Terimakasih Pak Agus dan Bu Helwiyah. Terimakasih KBMN PGRI 29.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan