PEMASARAN BUKU
Resume ke 20
PEMASARAN BUKU
Narasumber : Agus Subardana, S.E.,M.M
Moderator :
Helwiyah,S.Pd.,M.
Hari / Tanggal : Rabu , 9 Agustus 2023
Pada kelas malam ini, materi yang dibahas adalah tentang
Pemasaran buku dengan narasumber Agus Subardana, S.E.,M. Menurut pemahaman saya
,setelah kita menyalurkan hobby menulis, alangkah lebih baiknya jika kita dapat
menyebarluaskan hasil pemikiran atau imajinasi kepada masyarakat luas , apalagi
jika tulisan kita dapat brmanfaat untuk
masyarakat tersebut. Maka untuk sampai ke masyarakat luas, kita butuh belajar
mengenai strategi pemasaran buku yang efektif dan efisien.
Strategi Pemasaran buku yang dijelaskan oleh Pak Agus,
pengertiannya adalah rencana yang dirancang untuk mempromosikan dan
mengkomunikasikan buku kepada target audiens dengan tujuan meningkatkan
penjualan dan visibilitas buku tersebut.
Selanjutnya Pak Agus juga menyampaikan terobosan,
diantaranya memasarkan buku melalui
online, dan pemasaran buku melalui komunitas. Pak Agus memaparkan langkah-langkah yang dapat diikuti untuk
memasarkan buku secara online, yaitu :
- Buat Platform
online
- Optimalkan
Website
- Jual melalui
toko online
- Gunakan media
sosial
- Blogging
- Email marketing
- Kolaborasi dan
Review
- Penawaran Khusus
- Pengiklanan
Online
- Ulasan dan Rekomendasi
- Ebook dan
Audiobook
- Lacak dan
Evaluasi
Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan,
bahwa pemasaran buku melalui komunitas adalah strategi yang efektif dalam
mempromosikan dan menjual buku kepada khalayak yang lebih terkait dan berminat.
Seperti biasa di akhir materi kelas diisi
dengan tanya jawab antara narasumber dengan peserta. Terimakasih Pak Agus dan
Bu Helwiyah. Terimakasih KBMN PGRI 29.
Apakah Anda akan menerbitkan buku solo dalam waktu dekat?
ReplyDelete