LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS


 

Resume ke 15

LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

Narasumber              : Yulius Roma Patandean, S.Pd.

Moderator                  : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.

Hari / Tanggal           : Jum’at, 28  Juli 2023

 

            Alhamdulillah sudah sampai pertemuan ke 15. Pada pertemuan ini  materi yang akan dibahas adalah tentang langkah menyusun buku secara sistematis, dengan narasumber yang berasal dari Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Bapak Yulius Roma Patandean.Sebagai pengantar beliau menyampaikan bahwa, naskah buku yang tertata/tersusun  dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, dan merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat.Terdapat sejumlah aplikasi/software yang bisa digunakan untuk mebuat naskah buku tersusun secara sistematis, diantaranya enggunakan Mendeley dan Zotero .

            Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan tutorial cara mebuat daftar  isi, kutipan, indeks, dan daftar otomatis, yang dibagikan elalui link youtube, langsung dipraktikkan pula dengan enggunakan fitur-fitur Ms Word. Selain itu ada beberapa tautan youtube  yang berkaitann dengan penyusunan  naskah buku secara sistematis. Pak Yulius engimbau peserta pada pertemuan ini untuk sering menengok naskah teman-teman untuk dibaca dan melakukan perubahan pada naskah jika dibutuhkan.

            Menurut Pak Yulius, naskah buku yang tersusun dengan baik tentunya memudahkan pula tim editor dipercetakan untuk menerbitkan naskah buku, walau sudah ada tim editornya, maka dari itu sebagai penulis kita bisa belajar pula enjadi editor naskah sendiri.

            Diakhir materi beliau berpesan , bahwa rasa percaya diri terhadap naskah akan lahir seiring dari seringnya  kita membaca  naskah buku sendiri ketika melakukan penyusunan secara sistematis. Setiap  penulisan buku pasti ada tantangan, Namun, tantangan itulah yang  membuat usaha menerbitkan buku semakin menarik dan bermakna. Terimakasih Pak Yulius, salam sehat. Terimakasih KBMN PGRI.


Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan