MENULIS PUISI


 

Resume ke 17

MENULIS PUISI

Narasumber              : Dr. Hj. E. Hasanah, M.Pd.

Moderator                  : Sim  Chung Wei, SP.

Hari / Tanggal           : Rabu,  2 Agustus 2023

 

Rindu

Tak ada lagi lepas kangen di ruang rindu

Tak ada lagi canda tawa bergema

Rindu membucah tuk berbagi gundah gulana

Banyak yang ingin kuceritakan

Bagaimana kabarmu di sana

Dua tahun sudah kau pergi

Hanya dalam doa kita bersua

Semoga kau bahagia diharibaanNya..

Sahabatku..

 

             Siti Jubaedah, awal Agustus 2023

 

            Puisi di atas saya tulis setelah mengikuti kelas belajar pada pertemuan ke 17 KBMN PGRI angkatan 29. Tema perteuan ini adalah tentang menulis puisi dengan narasumber Ibu Dr. Hj. E. Hasanah, M.Pd.  dan moderator Bapak Sim Chung Wei, SP. Sebagai pengantar, moderator mmenyampaikan agenda kelas yang terdiri dari pembukaan, paparan materi, tanya jawab, dan penutup.

            Lanjut ke paparan materi, kali ini narasumber menyampaikannya materi melalui ppt. Dalam paparan yang disampaikan bunda Hasanah, terdapat pengertian puisi yang beragam, namun satu tujuan. Beliau juga menulis,pengerian puisi menurut H.B. Jasin, puisi adalah suatu karya sastra yang diucapkan dengan perasaan, meiliki gagasan atau pikiran  serta tangganpan atau pikiran  serta tanggapan terhadap suatu hal atau kejadikan tertentu.

            Pada tayangan PPt, juga disampaikan  struktur fisik puisi ( unsur wujud ), jenis-jenis puisi yaitu puisi lama dan baru. Beliau juga menjelaskan perbedaan puisi lama dan baru melalui ciri-cirinya., dan jenis puisi baru. Ilmu yang sangat bermanfaat. Terimakasih Ibu Hasanah. Terimakasih KBMN PGRI 29.

 

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan