MENGIRIM TULISAN ke MAJALAH SUARA GURU


 

Resume ke 24

MENGIRIM TULISAN ke  MAJALAH SUARA GURU

Jum’at, 18 Agustus 2023

Nara Sumber : Catur Nurrohman Oktavian, M.Pd

Moderator     : Yandri Novitasar,S.Pd.

 

          Kelas ke 24 dilaksanakan lewat zoom meeting. Alhamdulillah saya dapat menghadirinya, walaupun sebenarnya berbarengan dengan acara puncak peringatan hari kemerdekaan di wilayah RT tempat saya tinggal. Saya lebih memilih menghadiri kelas di pertemuan ini, karena memang materinya daging semua, dan keinginan saya untuk belajar.

          Narasumber pada malam ini adalah seorang yang sudah terkenal dalam organisasi PGRI. Jabatan dalam organisasipun luarbiasa hebat, dan tentunya beliau juga seorang penulis.

          Sebagai pengantar, beliau menjelaskan tentang asal  berdirinya majalah Suara Guru  yang diprakarsai oleh PGRI. Beliau menyampaikan bahwa Organisasi PGRI berdiri pada tahun 1945, kemudian tahun1945 majalah Suara Guru terbit, walau masih berbentuk stensil. Tahun 1950 barulah majalah  Suara Guru terbit. Saat ini, majalah Suara Guru, terbit setiap 2 bulan sekali.

          Pak Catur juga menyampaikan rublik apa saja yang terdapat dalam majalah Suara Guru, diantaranya ada opini, ekspresi, Sejarah, destinasi, dan lain sebagainya. Syarat utama dari sebuah tulisan adalah orisinil atau tidak plagiat.

          Kelas pun berlanjut dengan diskusi atau tanya jawab, dan pada kesempatan ini saya mencoba memberanikan diri untuk bertanya. Pertanyaan saya adalah  Syarat sebuah tulisan atau artikel diterima hingga diterbitkan oleh majalah Suara Guru. Beliaupun menjawab,  bahwa tulisan yang dapat diterbitkan harus memenuhi kriteria, diantaranya :

1.    Orisinil bukan plagiat

2.    Actual

3.    Tema Pendidikan terkini

4.    Dapat menginspirasi pembaca

5.    Sesuai dengan KBBI

Diskusipun berjalan dengan sangat menarik antara narasumber dan peserta kelas pada pertemuan ke 24 ini. Kelebihan dari kelas mala mini adalah, kami peserta dan tim solid Om Jay dapat bertatap muka walau hanya tatapan maya. Terimakasih Pak Catur, terimakasih KBMN PGRI ke 29.

 

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan