MENULIS BIOGRAFI


 

Resume ke 23

MENULIS BIOGRAFI

Jum’at, 18 Agustus 2023

Nara Sumber : Lely Suryani, S.Pd.SD.

Moderator     : Gina Dwi Septiani, S.Pd,M.Pd.

 

          Narasumber pada pertemuan ke 23 ini adalah seorang guru SD sekaligus penulis yang hebat ,berasal dari  Banjarnegara Jawa Tengah. Sederetan  buku hasil karyanya terpangpang dalam CVnya. Lembar demi lembar sertifikat tek terhitung sebagai penghargaan dari kemauan dan kemampuan beliau.Keren..keren..keren.

          Berbeda dari materi-materi sebelumnya, pada kali ini Ibu Lely, memberikan tantangan kepada peserta untuk membuka media melintas.id , kemudian kami mencari bacaan hasil tulisan beliau yang berkaitan dengan tema pada pertemuan ini.Saya sudan mencoba membuka, namun entah karena jaringan, entah karena hp saya yang bermasalah, jadi tidak menemukan tulisan tersebut.

          Sekian menit berlalu, ada seorang peserta yang menemukannya, kemudian share link tersebut di group. Dalam tulisannya, Bu Lely menyampaikan pengertian dari  biografi adalah tulisan tentang seseorang yang ditulis oleh orang lain. Autobiografi adalah tulisan riwayat dirinya yang ditulis sendiri. Contoh biografi  yaitu biografi Ir. Soekarno, biografi BJ. Habibi, biografi Om Jay.Sedangkan contoh autobiografi adalah Negeri Lima Menara dan Laskar Pelangi.

          Pada kesempatan ini, beliau juga menyampaikan manfaat dari menulis biografi , yaitu :

1.    Sebagai inspirasi

2.    Sebagai motivasi

Pada kesempatan ini, narasumberpun menyampaikan ciri-ciri biografi, sruktur biografi, bagaimana menulis biografi secara efektif.

          Pada link kedua berhasil ditemukan oleh peserta , yakni tulisan tentang biografi Om Jay, yang ditulis oleh Ibu Lely.  Berlanjut ke game ketiga , beliau memberikan link blognya. Dan isi dari blog tersebut adalah pertanyaan-pertanyaan sebagai umpan balik dari materi yang disampaikan.Seperti biasa diakhir materi disi dengan diskusi atau tanya jawab. Terimakasih Bu Lely, terimakasih KBMN PGRI ke 29.

 

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan