Langkah menjadi Penulis Buku Mayor


Resume ke 21

Langkah menjadi Penulis Buku Mayor

Narasumber              : Joko Irawan Mumpuni, S.Pd

 Moderator                 : Lely Suryani, S.Pd. SD.

Hari / Tanggal           : Jum’at, 11 Agustus 2023

 

Pada pertemuan ke 21 ini materi yang dibahas adalah bagaimana caranya menulis buku yang diterima oleh penerbit mayor.Narasumber pada kelas ini yaitu Bapak Joko Irawan Mumpuni , seorang Direktur dari   Penerbit Andi.

Dalam kelas ini, Bapak Joko menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan  penerbit adalah industri kreatif yang didalamnya ada  kolaborasi insan-insan kreatif ( penulis, editor, layouter, ilustrator, dan desain grafis. Pada kelas ini juga dibahas tentang Problem Usaha Penerbitan yaitu terjadi pandemi, disintermediation, perubahan kurikulum, perubahan proses pembelajaran kampus dan sekolah, persaiangan di dunia  penerbitan yang mengarah ke perang harga, perubahan kebiasaan pelanggan, penerapan marketing 5.0 sudah dimulai.

Selanjutnya beliau menginformasikan dua katagori besar  jenis buku yaitu buku Teks ( buku sekolah-kampus ) dan buku Non Teks ( buku-buku populer ).  Dan buku Nonteks di bagi lagi menjadi dua yaitu buku Fiksi dan Non Fiksi. Pada kelas ini Pak Joko juga  menyampaikan beberapa hasil survey  yang berkaitan dengan pembelian buku, faktor utama membeli buku, opini tentang harga buku, dan alasan orang membeli buku.

Bapak Joko juga memaparkan tentang pengertian  marketing 5.0, Marketing 5.0 adalah aplikasi teknologi yang meniru anusia untuk menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan meningkatkan nilai  di seluruh perjalanan pelanggan. Beliaupun membagikan naskah seperti apa saja yang diterbitkan, yaitu:

1.    Tema tak populer, penulis populer

2.    Tema populer, penulis populer

3.    Tema populer, penulis tak populer

 

Diakhir materi, beliau menyampaikan kata-kata motivasi ; “Bila kau bukan anak raja, juga bukan ulama besar, maka menulislah.” ( Al Ghazali ) . Terimakasih Bapak Joko, Terimakasih KBMN PGRI 29.


Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan