KONSEP BUKU NONFIKSI

 






Resume ke 14

KONSEP BUKU NONFIKSI

Narasumber              : Musiin, M.Pd

Moderator                  : Lely Suryani, S.Pd.SD.

Hari / Tanggal           : Rabu, 26  Juli 2023

           

            Pada pertemuan ke 14 ini dibuka oleh moderator, Ibu Lely dengan memaparkan sedikit apa itu  pengertian buku nonfiksi. Beliau menulis, bahwa buku nonfiksi merupakan buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan, dengan tujuan menyajikan temuan baru atau penyempurnaan dari informasi yang sudah ada. Setalah pembukaan , dilanjutkan pemberian materi oleh narasumber yakni  Ibu Musiin. Sebagai pengantar, beliau  Membakar semangat kami sebagai peserta, Jmelalui kata-kata motivasi “ANGAN KUATIR, TETAP OPTIMIS, AKAN LAHIR KARYA”. Beliau juga enstimulan kami, dengan menunjukkan hasil tulisan kolaborasi yang telah dipajang pada toko buku Gramedia. Super sekali.

            Tibalah saatnya pada inti materi di perteuan ini. Bunda Iin , mengungkapkan pengertian dan tujuan dari penulisan buku nonfiksi.Beliau juga menyampaikan ciri-ciri buku nonfiksi, yaitu :

1.    Menggunakan bahasa formal.

2.    Makna yang disapaikan adalah makna denotasi

3.    Ditulis berdasarkan fakta.

4.    Tulisan berbentuk tulisan iliah popular.

5.    Menghasilkan temuan baru dan menyepurnakan ide temuan lama.

6.    Penulis eberikan analisis dan interpretasi  intelektual dari data yang disajikan dalam tulisannya.

Pada kesepatan ini beliau juga menginformasikan jenis buku nonfiksi yang terbagi dua, yakni  buku nonfiksi murni dan kreatif. Contoh buku nonfiksi urni dapat diteukan pada skripsi,disertasi, artikel, feature, dll. Sedangkan contoh buku nonfiksi kreatif adalah biografi, autobiografi, memoar, buku motivasi, buku panduan, buku pelajaran, kamus, buku catatan perjalanan.

            Bunda Iin pun menyampaikan tentang pola penulisan dari buku nonfiksi, proses penulisan lengkap dengan penjelasannya. Bahkan hambatan dalam menulis beliau sampaikan kepada kami, disemprnakan juga dengan cara mengatasinya.Ah..paket komplit ini. Sisa waktu pada pertemuan ke 14 ini diisi dengan diskusi dalam menjawab pertanyaan peserta. Terimakasih Bunda Iin, terimakasih KBMN PGRI.

           
 

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan