Writer's Block

 



Resume ke 7

Mengatasi Writer’s Block

Senin, 10 Juli 2023

Nara Sumber : Ditta Widya Utami, S.Pd, Gr

Moderator     : Ahmad Fatchudin

 

          Pada Pertemuan ke tujuh ini saya telat menulis di blog, tentunya karena kesibukan menuju Akreditasi Sekolah. Nah, ternyata saya terkena virus WB. Menurut Bunda Ditta, Penulis muda yang pull inspiratif ini, terkadang memang para penulis terkena WB alias  writer’s block, yaitu suatu kondisi dimana ide menulis seolah menguap, penulis mengalami pelambatan dalam menulis, serta berbagai kondisi lain, yang membuat tulisan kita tak kunjung selesai. Dan hal ini benar-benar terjadi kapada saya, tentunya dengan alasan sudah lelah, butuh istirahat karena kesibukan, yang sebenarnya jika saya meluangkan waktu sedikit saja untuk focus menulis resume ini mungkin tidak akan terlambat, sehingga tugaspun tidak menumpuk, pikiran tenang.

          Seperti yang disampaikan oleh Bunda Ditta juga, jika kondisi ini ( terserang WB ) bisa berakibat fatal bagi penulis, karena menjadi tidak produktif menulis.Maka kita harus berusaha agar tidak  terkena WB, yang akan menjadi virus seperti flu dan penyakit lainnya pada manusia. Berdasarkan pengalaman  beliau, salah satu cara mengatasi agar terhindar dari virus WB adalah dengan melawannya ,terbukti  Bunda Ditta  mampu menyelesaikan tulisan tentang Kurikulum Operasional  Satuan Pendidikan ( KOSP ) dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P 5 )  selang satu minggu setelah workshop KOSP dan P5. Sanagat Inspiratif dalam melawan WB.

          Sebagai narasumber, bunda Dittapun  memberikan polling kepada kami tentang  penyebab kesulitan dalam menghasilkan tulisan dan cara mengatasinya. Kelas ini jadi bertambah kerennya. Tips dari beliau bahwa jawaban yang kita pilih dari poling merupakan obat mengatasi WB yang paling cocok dengan  diri kita sendiri. Selain itu menurut beliau pula , obat WB dapat dilakukan dengan mengaktifkan kelima panca indra kita diantaranya jeda sejenak untuk refresh yang akan mengembalikan mood kita.  Mari kita obati WB segera mungkin agar produktif  tanpa alasan apapun. Terimakasih

          


Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan