Menulis itu Indah

 






Resume ke 10

Judul             : Menulis itu Indah

Nara Sumber : Prof. Dr. Ngainun Naim

Moderator      : Yandri Novita Sari, S.Pd.

Hari/Tanggal : Senin, 17 Juli 2023

 

Menulis itu Indah

 

            Malam ini merupakan pertemuan ke 10 dalam meniti ilmu menulis pada KBMN PGRI Angkatan 29. Walau Lelah melanda karena  sekolah tempatku mengajar hari ini  tanggal 17 Juli 2023 sedang berlangsung penilaian ( Akreditasi ) sekolah .  Moderator, Mba Yandri  membuka kelas malam ini dengan tapat waktu yakni pukul 19.00 WIB. Beberapa menit kemudian naras umber pun hadir membersamai  kelas  kami , Prof Dr.  Ngainum Naim dengan maeteri menulis itu Indah.Prof Naginum memulai dengan berbagi link dari  beberapa tulisannya yang ringan dari judulnya, namun sangat membuat saya penasaran  untuk membacanya.

            Beliau pun  menyampaikan beberapa hal agar menulis itu bisa mudah, yang pertama adalah tulislah apa yang kita ketahui, sebaliknya jangan menulis apa yang kita pahami atau ketahui, contohnya kitab isa menulis pengalaman hidup sehari-hari. Kunci kedua , yakinlah dalam diri kita bahwa menulis itu memang muda, jangan berpikir  menulis itu sulit. Hambatan akan bermetamorfosis menjadi tantangan. Kunci kemudahan yang ketiga adalah menulislah sedikit demi sedikit , namun konsisten. Menurut beliau, selalu tanamkan dalam diri  untuk menulis setiap ada kesempatan. Kunci keempat yaitu tulis apa yang ada dipikiran kita  bisa dibilang langsung aksi. Kunci kemudahan yang terakhir adalah jangan menulis sambal dibaca atau diedit, jadi dalam menulis kit focus mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran , dan mengeditnya jika sudah selesai.

            Lima kunci untuk memudahkan dalam menulis merupakan tips dan trik dari Bapak Ngainum, tentunya sangat bermanfaat untuk saya yang sedang belajar, dan peserta KBMN PGRI angkatan 29. Sebagai penutup beliau berpesan  tentang slogan  3M ( pencetusnya AA Gym ), yakni M : Mulai dari diri sendiri,  M: mulai dari hal kecil, dan M : mulai sekarang juga. Menulis itu mudah Ketika dipraktikkan, bukan hanya didiskusikan.Sangat inspiratif. Terimakasih KBMN PGRI 29.

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan