Mengelola Majalah Sekolah


 

Resume ke 11

Judul             :  Mengelola Majalah Sekolah

Narasumber  :  Widya Setianingsih, S.Ag

Moderator      :  Nur Dwi Yanti, M.Pd

Hari/Tanggal : Rabu, 19  Juli 2023

 

           

            Saya acungkan jempol untuk KBMN PGRI angkatan 29, walau hari libur, tak pernah Lelah para mentor membakar semangat kami untuk belajar dan menulis. Kelas mala mini dibuka dengan puisi dari moderator.

……..

Dalam rumpun padang ilalang

 terpaut erat kekuatan

mengikat rasa kebersamaan

 

            Bu Widya adalah seorang pecinta literasi yang memulainya dari nol, sehingga Sekaran ini menjadi seorang penulis yang produktif. Menurut beliau kunci untuk sampai seperti sekarang adalah  kemauan.  Bagaimanapun juga satu ons Tindakan lebih berarti dari pada satu ton pemikiran. Patut dijadikan suri teladan.

            Berdasarkan pengalaman Bu Widya, salah satu cara agar sekolah kita dikenal oleh khalayak luas baik itu sekolah negeri, ataupun swasta, adalah dengan cara menghadirkan  atau menerbitkan Majalah Sekolah. Walau awal   berdirinya  penuh dengan ketidakyakinan yang disebabkan oleh kekurangan SDM, biaya tidak ada, dan dukungan dari sekolah yang kurang optimal.

            Ibarat kita berjalan ada tembik yang menghadang, cari jalan lainnya artinya setiap kesulitan ada  kemudahan yang Allah siapkan, itulah keyakinan yang diyakini dan diterapkan oleh Ibu Widya. Kata kuncinya adalah MAU ( Mantapkan Apapun Upayamu ) Begitu  motivasi yang beliau arahkan untuk kita.

            Pengertian majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik actual yang patut diketahui pembaca. Langkah0langkah menerbitkan majalah  sekolah , berdasarkan pengalaman  Ibu Widya, yaitu :

1.    Menyatukan ide dan gagasan

2.    Membuat Proposal

3.    Membuat rancangan majalah

4.    Mencari rekanan pendukung

Beliau juga menyampaikan Susunan Redaksi Majalah Sekolah, yaitu Penasehat, Penanggung Jawab, Pimpinan Redaksi, Editor, Reporter, Fotografer, Layout, dan Bendahara. Bukan hanya sampai disini, beliaupun mengungkapkan  manfaat majalah sekolah, yaitu :

1.    Sebagai sarana komunikasi sekolah dengan walimurid, dan siswa.

2.    Media komunikatif sekolah yang berisi berita-berita sekolah, informasi, pengetahuan, dan hiburan.

3.    Wadah kreatifitas guru dan siswa dalam berkarya

4.    Sarana publikasi  sekolah di masyarakat.

5.    Menjadi Kebanggaan sekolah dan menambah nilai plus sekolah.

 

Banyak lagi pengalaman-pengalaman yang menjadi disampaikan Ibu Widya,

sehingga menjadi pengetahuan dan wawasan bagi kami peserta kelas pada pertemuan ke 11 PKBM PGRI Angkatan 29 ini. Sangat inspiratif dan termotivasi membuat majalah sekolah. Terimakasih.

 

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan