Komitmen Menulis di Blog


 

Resume ke 8

Komitmen Menulis di Blog

Rabu, 12 Juli 2023

Nara Sumber : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

Moderator     : Dail Ma’ruf, M.Pd.

 

 

          Pertemuaan ke 8 malam ini diisi dengan Drs. Dedi Dwitagama, M.Si., berbeda dengan kelas-kelas sebelumnya,  kelas ini diramu dengan tanya jawab langsung. Penanya terbaik mendapat souvenir berupa kaos dari beliau.Menurut beliau, tahap awal  mengisi blog dengan tulisan bertema suka-suka kita sebagai penulis. Wah, saya setuju ini, karena hal itu saya alami sendiri. Mengawali menulis diblog saya awali dengan hal-hal yang ingin saya tulis saat itu,misalnya tulisan tentang kegalauan hati kita, daripada dipendam dapat diungkapkan di blog, dan saya tidak peduli ada yang lihat atau tidak blog kita tesebut.

          Untuk pertanyaan selanjutnya Pak Dedi menggunakan voicenote dalam menjawab beberapa pertanyaan, tentang suka duka menulis di blog. Menurut beliau jika kita lelah dalam menulis, berhenti sejenak, lanjutkan menulis jika  lelah sudah hilang. Selain itu untuk membangkitkan mood menulis, dapat diisi dengan kegiatan yang bikin happy, misalnya menyanyi, bercengkrama dengan istri dan lain sebagainya yang dapat mengembalikan mood kita .

          Bagaimana cara mendatangkan banyak viewer di blog kita?, itu merupakan pertanyaan dari peserta yang tentunya mewakilkan pertanyaan kita-kita. Triks dari Pak Dedi agar blog kita dikunjungi orang lain, kita harus sering-sering membaca blog orang lain, kemudian membarikan komentar. Beliau juga berkata bahwa membuat judul blog menggunakan kata kunci yang sedang viral saat ini atau yang sering banyak dicari orang di gooegle , merupakan cara lain agar blog kita ada viewernya. Masih banyaklagi pertanyaan-pertanyaan menarik lainnya dengan jawaban-jawaban yang keren dan mudah dimengerti juga. Terimakasih Pak Dedi, Terimakasih KBMN 29 PGRI.

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan