Blog dan Media Pembelajaran


 Resume ke 5 

Hari/ Tanggal : Rabu, 28 Juni 2023

Narasumber : Dail Ma'ru, M.Pd

Moderator : Helwiyah, S.Pd, M.M.

     

      Di era serba digital ini, saya sependapat dengan Bapak Dail Ma'ru, M.Pd. atau biasa dipanggil Pak Damar, bahwa teknologi yang canggih ini harus kita manfaatkan sebagai pendukung dalam belajar atau dapat kita jadikan media pembelajaran. Blog  yang awalnya hanya sebagai media curhatan seseorang, dapat dijadikan alternatif media pembelajaran agar siswa tidak jenuh atau bosan dalam belajar saja.

     Ketika guru memberikan tugas lewat blog, siswa tentunya dapat mengerjakan dimana saja asal dapat mengakses internet baik dari laptop ataupun gadget. Begitupun guru sebagai pemberi tugas, dapat langsung melihat siapa- siapa saja siswa yang sudah mengerjakan, tanpa harus sampai rumah terlebih dahulu.Orangtuapun dapat mengetahui apakah tugas anak mereka sudah selesai atau belum hanya dengan mengakses dari link yang diberikan guru.

      Jika khawatir siswa mencontek, dapat disiasati dengan kesepakatan kelas, atau menggunakan google form dengan mengacak nomor soal. Hal tersebut  disampaikan Pak Damar dalam menjawab pertanyaan dari peserta yang masih menghawatirkan tentang blog jika digunakan sebagai media pembelajaran.

      Berikut manfaat blog dalam pendidikan menurut Pak Damar :

1. Blog  sebagai rumah belajar dan berbagi guru,

2. Blog dapat meringankan tugas guru

3. Blog dapat menambah minat belajar siswa

4.Blog dapat diakses siapapun dimanapun

5. Blog dapat menjadi media silahturahim.

  Ke depannya saya termotivasi untuk menjadikan blog salah satu media pembelajaran. Sukses untuk KBMN gelombang 29. 

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Buku dari Karya Ilmiah

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan