Menulis Buku dari Karya Ilmiah







Resume ke 25

MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

Narasumber              : Eko Daryono, S.Pd

 Moderator                 : Bambang Purwanto, S,Kom.,Gr

Hari / Tanggal           : Senin, 21 Agustus 2023

 

            Menulis Buku dari Karya Ilmiah merupakan judul kelas KBMN ke 29 pada pertemuan ke 25 . Narasumber pada kegiatan ini adalah Profesor Eko Daryono, S.Kom yang memiliki segudang hasil karya dan pengalaman organisasi yang luar biasa hebat. Tak Kalah hebat sebagai moderator Bapak Bambang Purwanto, S.Kom GR.

            Pengertian karya tulis menulis Perka LIPI No. 2 / 2014 bahwa :” Karya tulis ilmiah adalah tulisan hasil litbang dan/ atau tinjauan, ulasan ( review ), kajian, dan peikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah”. Secara umum Karya Tulis Ilmiah terbagi dua yaitu  KTI nonbuku dan buku.

            Karya Tulis Ilmiah  Nonbuku  terdiri dari  Kesarjanaan ( skripsi, tesis, disertasi), Hasil Penelitian/ esai ilmiah ( laporan, makalah, artiket,komunikasi pendek ),  Ulasan ( contoh, resensi ). Karya Tulis Ilmiah Buku terdiri dari  Didaktik/bahan ajar( handout, diktat, modul, buku ajar, buku referensi), Pengayaan ( monografi, buku teks,buku pegangan, buku panduan ), Kompilasi ( bunga rampai,prosiding).

            Pada pertemuan ini dibahas juga struktur penulisan Karya Ilmiah, Perbedaan laporan Karya Tulis Ilmiah dengan  Karya Tulis Ilmiah yang telah dikonversi menjadi buku. Narasumber pada kesempatan ini juga menjelaskan langkah-langkah mengkoversi Karya Tulis Ilmiah menjadi buku, yaitu :

  1. Memodifikasi judul
  2. Memodifikasi sistematika dan gaya penulisan
  3. Modifikasi Bab 1
  4. Modifikasi Bab II
  5. Modifikasi Bab III
  6. Modifikasi Bab IV
  7. Modifikasi Bab V ( Penutup )
  8. Modifikasi Lampiran

 

            Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengkonversi Karya Tulis Ilmiah menjadi buku, yaitu, keaslian laporan hasil penelitian, menghindari kompilasi yang terlalu banyak, memilah dan meilih data yang dipublikasikan, memodifikasi bahasa buku, menghindari pengambilan  sumber kutipan kedua atau pendapat yang kurang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, wajib menuliskan  daftar pustaka yang dipakai sebagai rujukan, dan memperhatikan kaidah penyusunan buku ber-ISBN ( optional )

            Seperti biasa kegaiatan akhir diisi dengan diskusi atau tanya jawab dari peserta kelas. Terimakasih Bapak Eko Daryono, terimakasih KBMN PGRI 29.

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Produktif di Usia Senja

Kekuatan dari Sebuah Tulisan